GERMAS Poltekkes Kemenkes Riau Bersama Komisi IX DPR RI

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Kemenkes RI yang diwakilkan oleh Poltekkes Kemenkes Riau melakukan kerjasama dengan Komisi IX DPR RI yaitu dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR Dapil Sumatera Barat II dalam melakukan kegiatan Germas di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat.

Tim GERMAS

Kegiatan Germas dilakukan pada tanggal 19 sampai dengan 20 Juli 2022. Kegiatan ini melibatkan 484 orang yang terdiri dari anggota Komisi IX Dapil Sumatera Barat berjumlah 1 orang, Poltekkes Kemenkes Riau berjumlah 12 orang, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi yang berjumlah 2 orang, Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya yang berjumlah 3 orang, tim vaksinator dari Dinkes Kab Dharmasraya yang berjumlah 10 orang, masyarakat Kecamatan Pulau Punjung yang berjumlah 450 orang, tim Pengamanan yag berjumlah 5 orang.

Kegiatan diawali dengan perencanaan dan koordinasi TIM GERMAS Poltekkes Kemenkes Riau dan Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat beserta Staf Ahli Komisi IX DPR-RI, kegiatan koordinasi ini antara lain tentang tempat pelaksanaan, sasaran kegiatan, alat dan bahan yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan, hingga pembahasan terkait materi yang akan disampaikan. Dari kegiatan koordinasi yang dilakukan, disepakati Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat yang menjadi daerah pelaksanaan kegiatan penyuluhan.

Tim GERMAS Poltekkes melakukan penjajakan ke Kabupaten Dharmasraya, pertemuan dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya yang dilakukan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Riau pada tanggal 5 Juli 2022.

Pada hari pertama kegiatan GERMAS diawali dengan perjalanan darat tim dari Poltekkes Kemenkes Riau pada tanggal 18 Juli 2022 pukul 10.00 WIB dan tiba di lokasi (Hotel Umega). Anggota Komisi IX DPR RI dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR dan Tenaga Ahli tiba di Dharmasraya pada tanggal 18 Juli 2022.Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama ini adalah melakukan koordinasi tentang teknis susunan acara dan denah kursi masyarakat/peserta dengan Tenaga Ahli (Ibu Fitra) dan setting ruangan (mulai dari pendaftaran, screening, vaksin dan P Care) serta alur pelaksanaan vaksinasi dengan di Ruang Aula Hotel Umega pada jam 21.00- 22.30 Wib.

Kegiatan Sosialisasi

Pada hari kedua kegiatan GERMAS dimulai pada pukul 07.30 WIB yang diawali dengan cara pembukaan dan sosialisasi GERMAS oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Riau H. Husnan, SKp, MKM dan dihadiri oleh Komisi IX DPR RI Bapak dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR, dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Bapak Yuni Andra, SKM, MM, serta Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Dharmasraya Ibu Rahmadona Fitri, S.SI, Apt. MKM, Wali Nagari Pulau Medan dan Perwakilan dari Kepolisian Resor Kabupaten Dharmasraya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Sosialisasi Kesehatan yang dilakukan oleh Bapak H. dr. Suir Syam, M.Kes., MMR, dilanjutkan oleh bapak Yuni Andra, SKM, MM, dan ditambahkan materi oleh Perwakilan Puskesmas Dharmasraya IbuFitriyanti, HB, SKM yang menyampaikan materi tentang covid-19 dan pentingnya vaksinasi covid-19.

Peserta yang hadir tampak antusias dengan kegiatan ini, terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan. Kegiatan berjalan sangat interaktif.

Kegiatan Vaksinasi

Kegiatan vaksinasi dilakukan pada hari kedua dan ketiga. Pada hari kedua terdapat 133 orang yang melakukan vaksinasi baik vaksin 1, 2 dan booster yang terdiri dari 119 orang peserta divaksin dengan Pfizer dan 14 orang peserta divaksin dengan coronavac.

Pada hari ketiga kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan vaksinasi yang dimulai dari pukul 07:30 –12:00 WIB pada 153 orang peserta vaksin baik vaksin 1, 2 dan booster yang terdiri dari 150 orang peserta divaksin dengan Pfizer dan 3 orang peserta divaksin dengan coronavac.

Pada hari keempat kegiatan GERMAS diakhiri dengan perjalanan pulang via darat tim Poltekkes Kemenkes Riau pada tanggal 21 Juli 2022 pukul 09:00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.